skin kampung indian: Biografi Penyanyi Sunda Legendaris Upit Sarimanah

Biografi Penyanyi Sunda Legendaris Upit Sarimanah



upit sarimanah


Suryamah yang dikenal sebagai Upit Sarimanah (lahir di Purwakarta, 16 April 1928 - wafat 11 february 1992 di Cugenang Cianjur Jawa-Barat) adalah seorang pesinden Indonesia di era 50-an. Beliau dikenal dengan lagu "Mojang Priangan".

Beberapa lagu Upit Sarimanah yang lain yang populer antara lain Bajing Luncat, Sakadang Kuya jeung Monyet, Kukupu, dan Sedih Prihatin. Upit pernah memimpin “Gamelan Siliwangi”. Beberapa lagu yang direkam Perusahaan Piringan Hitam “Dimita Moulding Industries” antara lain Ekek Paeh Tablo (NN), Karyawan Elodan (Upit Sarimanah), Tauco Cianjur (Moch. Jasin), Nampi Ondangan,Gupay Pileuleuyan (Mang Koko), Mojang (Upit Sarimanah),Bangbung Ranggaek (Kosaman Djaja),Nyoreang ka Tukang, Bajing Luncat (Kosaman Djaja), Hariring nu Kungsi Nyanding (Mang Koko/S. Winarja), dan Mapay Laratan.

Upit memang dikenal sebagai pesinden lagu Sunda tradisional seperti ketuk tilu atau Cianjuran, dan lagu Sunda modern. Tapi pada awal kariernya ia juga menyanyikan lagu-lagu keroncong, Melayu, dan Hawaiian-tiga jenis irama yang pada tahun 1940-an sangat populer. Kariernya dimulai ketika ia berusia enam tahun. Ia dilatih oleh Nyonya Hermanses.

Suara lantang gadis kecil itu sempat menembus corong radio Hindia Belanda,Nederlandsche Indische Radio Omroep alias Nirom. Namanya kian melejit ketika gadis manis itu berangkat remaja. Dan pada usia 14 sampai 18 tahun, ia menjadi bintang dalam orkes Hawaiian Live Java,orkes keroncong Irama Masa, dan orkes Melayu pimpinan M. Syaugi.

Pada zamannya, 1940-1945, namanya melejit bersama bintang lain seperti Miss Anny Landauw, Miss Rukiah Kartolo, Miss Netty. Sementara itu, pada masa revolusi bersenjata, Upit menghibur para pejuang di daerah pedalaman. Dan tahun 1950, suara Upit berkumandang lewat corong radio setelah Nirom menjadi RRI.

DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!