skin kampung indian: Sejarah Seni Lukis Belanda

Sejarah Seni Lukis Belanda




gesang
LUKISAN GESANG(PENYANYI KRONCONG TEMPO DULU)

Seni lukis Belanda telah lahir sejak sekitar 1400. Gayanya di kala itu dipengaruhi oleh aliran keistanaan Perancis. Kemudian dia abad pertengahan seni lukis Belanda di pengaruhi aliran keagamaan dan ketuhanan,yang mengabdi kepada gereja serta kaum gerejani.  

Abad ke 17, karena perkembangannya yang pesat serta bernilai tinggi karya-karyanya, mendapat julukan " abad keemasan seni lukis " bagi negara dan bangsa Belanda. Selama abad tersebut seni lukis berkembang sejajar dengan dengan zaman kejayaan ekonominya yang di sebut pula "zaman emas" ( golden eeuw ).

Dalam zaman keemasan dunia seni lukis Belanda melahirkan tokoh - tokoh termasyur yang tersebar namanya ke seluruh dunia. Frans Hals di kenal sebagai " potretis " serta pelukis beraliran realisme, yang senang menggambarkan kehidupan sehari - hari keluarga Belanda. Dan " Last but not least " abad tersebut juga melahirkan pelukis serba bisa yaitu REMBRANDT dengan karyanya yang terkenal di seluruh dunia,seperti "Nachtwact", dan sebagainya. Pada abad ke 18 sebaliknya tampaklah kemunduran dalam dunia seni lukis Belanda, barulah pada masa 25 tahun terakhir yaitu abad ke 19 timbul kembali kegiatan - kegiatan di bidang ini, terutama di tandai sebagai awal masa dari apa yang dinamakan "abstrak" yang pada gilirannya melahirkan macam - macam "isme - isme " pula. 

Vincent van Gogh dan Piet Mondriaan adalah di antara tokoh seniman Belanda yang memperoleh nama Internasional. Setelah perang duni ke - II maka hadirlah generasi model baru yang di negeri Belanda membentuk suatu kelompok "eksperimental" .  
Pelukis - pelukis aliran ini memberontak terhadap ikatan tradisional,abtraksi,seni geometri ala Mondriaan dan terhadap perfeksi dari pada aliran realisme.


DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!