skin kampung indian: Sarana Angkutan di Bandung Tempo Dulu

Sarana Angkutan di Bandung Tempo Dulu



angkutan tempo dulu
TANDU SARANA ANGKUTAN TEMPO DULU


JALAN setapak yang bisa dilalui kuda,telah menghubungakan Bandung-Cianjur-Bogor-Batavia,sejak akhir Abad ke 18. Pada masa itu Bandung sudah terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi yang berkualitas tinggi.

Sebuah catatan perjalanan dari Heeren Medici(1786) mengungkapkan: "Di sini(Rajamandala) saya mendapat setengah botol susu dari Bandung untuk sarapan. Karena dianggkut kuda,susu sapi terkocok berbusa menjadi keju dan mentega. Dalam botol kudapati 17 bulatan mentega,yang terbesar sebesar peluru dan terkecil seukuran kacang hijau.

Dengan menunggang kuda pada jalur jalan itu,tidak terlalu menyenangkan. Jalan pegunungan yang naik turun, membuat penunggang kuda terguncang-guncang melelahkan badan.

Oleh karena itu,pada abad ke-18 dan 19 orang masih suka menggunakan tandu (Pelangkin) yang dipikul empat orang koeli. Untuk perjalan jauh keluar kota. Naik tandu,biar lambat tapi lebih enak.Tidak digojlog selama dalam perjalanan.

Orang baru menggunakan kereta beroda,setelah terdapat jaringan jalan yang diperkeras dengan batu alam.

Sungguh menarik bila kita telusuri kembali,sejarah perkembangan angkutan jalan raya (darat) di wilayah Bumi Priangan,sebelum ada pemasangan jalur kereta api.
         
Sumber:Wajah Bandung Tempo Doeloe1984.Haryoto Kunto



DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!