skin kampung indian: Sejarah Pasar Malam Di Bandung Tempo Dulu 1920'an

Sejarah Pasar Malam Di Bandung Tempo Dulu 1920'an




jaarbeurs bandung
PERTUNJUKKAN MUSIK SYMPHONY 
DI JAARBEURS BANDUNG 1920-1926

Sejarah Pasar Malam Di Bandung Tempo Dulu 1920'an
Jaarbeurs atau Pasar Malam yang sukses menarik animo masyarakat Jawa Barat tempo dulu pada awal abad ke-20 adalah Jaarbeurs yang diselenggarakan di 'Sumedang'(Priangan Timur). Ketika di Belanda telah diselenggarakan sebuah bursa tahunan yang bernama ' Jaarbeurs' maka menanggapi kegiatan bursa tahunan yang diselenggarakan di Belanda beberapa tokoh masyarakat di "Hindia Belanda" terlihat bersemangat untuk dapat menyelanggarakan acara serupa di Hindia Belanda.


Seiring dengan hal itu maka dicarilah sebuah tempat penyelenggaraan kegiatan itu. Secara spesifik kemudian dipilihlah Kota Bandung yang saat itu sedang mengalami pembangunan besar-besaran sebagai kota penjajahan yang modern.

Udara Bandung yang sejuk merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting lainnya bagi terlaksananya kegiatan ini,hal ini karena iklim yang sejuk ini dilihat akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang akan menghadiri acara tahunan ini.

Rencana akan dipindahkannya Ibukota "Hindia Belanda" dari "Batavia" ke "Bandung" tentu menjadi pertimbangan penting lainnya bagi pelaksanaan 'Jaarbeurs' pertama di Hindia Belanda ini,selain itu juga dikarenakan jumlah populasi masyarakat Eropa Belanda khususnya di Kota Bandung saat itu masih termasuk yang paling tinggi maka diharapkan akan dapat mendukung kesuksesan acara bursa Tahunan ini.




DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!