skin kampung indian: Sejarah Berdirinya Pemuda Kaum Betawi

Sejarah Berdirinya Pemuda Kaum Betawi





SEDANG BELIBUR DI PANTAI CILINCING
FOTO DIBUAT TAHUN 1933

PEMUDA KAUM BETAWI didirikan pada permulaan tahun 1927, oleh Pemuda-Pemuda Betawi yang merasa pada waktu itu terbelakang dengan Pemuda-Pemuda lain daerah. Dalam bulan Mei 1927 diadakan pemilihan pengurus: Sebagai Ketua pertama dipilih Sdr. Tabrani, dan tahun 1928 Sdr. Abdul Chalik dipilih sebagai Ketua.

Pada saat itu juga terlihat bahwa Pemuda Kaum Betawi mempunyai dasar Kebangsaan, akan tetapi sudah tidak kedaerahan. Pemuda Kaum Betawi membuka pintu untuk semua "Pemuda Indonesia", bahkan di antara anggota Pengurus ada beberapa orang yang bukan dinamakan "Betawi Asli". Bahasa yang digunakan dalam rapat-rapat ialah Bahasa Indonesia. Dalam tahun 1927 kegiatan Pemuda Kaum Betawi dipusatkan ke dalama ini dapat dimengerti, karena maksud utamanva supaya "Pemuda-pemuda Betawi" turut dalam pergerakan, seperti pemuda-pemuda lain daerah. Pemuda Kaum Betawi mulai bergerak ke luar, yakni dengan jalan mendukung Bapak-Bapaknya dari Kaum Betawi.

Karena memang sesuai dengan keadaan, pada waktu itu Pemuda Kaum Betawi setelah menerima Undangan dari Panitya Kongres Pemuda yang ke II (dua) dalam rapat anggotanya yang diadakan khusus untuk itu memutuskan menyetujui diadakan Kongres Pemuda II, dan akan turut aktif.

Sdr. Rochjani Suud, yang pada waktu itu menjabat Sekretaris ditunjuk sebagai wakil Pemuda Kaum Betawi, untuk duduk dalam Panitya Kongres ke II Pemuda 1928 yang melahirkan SUMPAH PEMUDA.

Setelah 28 Oktober 1928 dianjurkan pada anggota yang masih remaja supaya mulai menggabungkan diri pada perhimpunan-perhimpunan yang lebih besar seperti Pemuda Indonesia, Jong Java dan sebagainya. Yang sudah lebih dewasa, memusatkan kegiatannva dalam Kaum Betawi. Sdr. Rochjani Suud sendiri selanjutnya ditugaskan mendampingi Sdr. Moch. Husni Thamrin dalam perjuangannya dalam Kaum Betawi dan Badan-Badan lainnya.
Jakarta,Februari 1974.
                                             


Sumber:45 Tahun Sumpah Pemuda.

 
DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!