skin kampung indian: Sejarah Komik Indonesia Tahun 1930 - 1940an

Sejarah Komik Indonesia Tahun 1930 - 1940an






Sejarah Komik Indonesia
Sekitar akhir tahun1940an,banyak komik-komik dari Amerika yang disisipkan sebagai suplemen mingguan suratkabar. Diantaranya adalah komik seperti Tarzan,Rip Kirby,Phantom and Johny haxard. Kemudian penerbit seperti Gapura dan Keng po dari Jakarta,dan Perfects dari Malang,mengumpulkannya menjadi sebuah buku komik.

Ditengah-tengah membanjirnya komik-komik asing,hadir Siaw Tik Kwei,salahs seorang komikus terdepan, yang memiliki teknik dan ketrampilan tinggi dalam menggambar mendapatkan kesempatan untuk menampilkan komik adapatasinya dari legenda pahlawan Tiongkok‘Sie Djin Koei’ Komik ini berhasil melampaui popularitas Tarzan di kalangan pembaca lokal. 

Popularitas tokoh-tokoh komik asing mendorong berupaya mentransformasikan beberapa karakter pahlawan super itu ke dalam selera lokal. R.A. Kosasih yang kemudian dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia,memulai karirnya dengan mengimitasi Wonder Woman menjadi Pahlawan wanita bernama Sri Asih. Terdapat banyak lagi karakter pahlawan super yang diciptakan oleh komikus lainnya,diantaranya adalah Siti Gahara, Puteri Bintang, Garuda Putih and Kapten Comet,yang mendapatkan inspirasi dari Superman dan petualangan Flash Gordon. 


 
DIJUAL BUKU-BUKU LAWAS ... !!!