skin kampung indian: Sejarah Carita Pantun Prabu Siliwangi Bagian 6 Tamat

Sejarah Carita Pantun Prabu Siliwangi Bagian 6 Tamat



bogor tempo dulu
BERBURU RUSA DI BOGOR TEMPO DULU



Halaman  1 nya klik disini
Kerajaan-kerajaan itu dalam CP biasa dideskripsikan keadaanya misalnya tentang lingkungan alamnya dan kemakmurannya.
Dalam CP itu pula disebut nama-nama tempat seperti:gunung,dan sungai. 
Misalnya Bojong Galuh,Geger Sunten,Cirancamaya, Panyawungan,Parigi Ageung,Gunung Amparan,Gunung Galunggung,Gunung Gumuruh,Gunung Padang,Gunung Pangrango, Gunung Sembung. 
Nama sungai misalnya:Cihaliwung,dengan lubuk sungainya Leuwi Sipatahunan,Cipamali,Cipeucang,Cisadane,Citanduy, Citarum,dan sebagainya.

Putri itu ditemukan sebagai Nyi Ameng Layar,adik Demang Jayamantri,penguasa di negara tersebut(Rabut Pala). Apakah kemiripan bunyi itu membayangkan makna yang lebih jauh,masih harus ditelaah.

Banyak nama yang penting dalam hubungan budaya Sunda yang ditemukan dalam CP. Nama tempat yang disebut itu tidak hanya di lingkungan Tanah Sunda,melainkan juga luarnya, misalnya Bonang,Jenggi Lampung,Tulangbawang,(CP budak Nanyor),Makassar,Tanah  Malayu,Palembang (CP Tanjung Karaton).

Dalam CP tersebut terdapat pula deksripsi,seperti deskripsi yang berisi gambaran keadaan tubuh dan watak pelaku,deskripsi perilaku misalnya,perilaku orang berdandan,berperang,naikkuda,kenduri,marah,ketakutan,deskripsi benda misalnya: 

pakaian,perhiasan,senjata,perahu,layar,dayung,armada laut,beserta pasukannya serta persenjataannya,deskripsi tempat misalnnya letak kerajaan,asal-usul seseorang,tempat yang dilalui dalam perjalanan,dan lainnya (Yus Rusyana 1980). Tergambar pula adat kebiasaan tentang berbagai hal. 

Begitu pula pandangan hidup dan kebijakan yang terdapat kebanyakan CP adalah pengembaraan seorang raja,umumnya keturunan Pajajaran untuk mencari sesuatu,biasanya putri cantik itu bakal isterinya. 

Kedalam pengembaraanya kemudian terlibat satria lain yang kemudian mengabdi kepadanya,menjadi saudaranya karena perkawinan. Bolehlah dikata secara umum peristiwa itu adalah peristiwa pemekaran dan penyatuan kerajaan-kerajaan dalam suatu ikatan persaudaraan. Terjadilah hubungan antara tedak Pakuan turunan Pakuan dengan penguasa setempat,dan itu merupakan unsur pengembang dan pemersatu antara kerajaan-kerajaan yang dikisahkan dalam CP. TAMAT
Dongeng Sunda Si Kabayan Ngala Lauk klik yang BERIKUT >>

Sumber:Seminar Sejarah dan Tradisi Tentang Prabu Siliwangi
Bandung 20-24 Maret 1985 
- oleh:Yus Rusmana -